Friday, February 5, 2016

Proses Terjadinya Angin


Berikut ini akan diuraikan proses terjadinya angin.
b. Angin lembah dan angin gunung
  • Angin lembah merupakan angin yang berasal dari arah lembah menuju puncak gunung. Pada umumnya angin ini terjadi di siang hari.  
  • Angin gunung merupakan angin yang berasal dari puncak gunung menuju lembah gunung. Pada umumnya angin gunung ini terjadi di malam hari. 
c. Angin Fohn 
Angin fohn atau angin jatuh. Angin fohn merupakan angin yang terjadi karena adanya hujan Orografis. Angin ini bertiup pada tempat dengan temperatur dan kelengasan yang berbeda.
d. Angin Muson 

Angin yang berhembus secara periode disebut angin muson. Angin muson terjadi setiap minimal 3 bulan. Adapun periode satu dengan periode lainnya dari angin ini memiliki pola yang berlawanan dan juga bergantian arah secara berlawanan setiap setangah tahunnya.
Ada dua angin muson yang biasa dikenal sebagai angin muson barat dan angin muson timur. Berikut rinciannya:
  • Angin yang tiupanya berasal dari benua asia ke benua australia disebut angin muson barat. Angin ini menyebabkan di Indonesia bagian barat mengandung curah hujan yang banyak. 
  • Angin yang mengalir dari benua australia ke benua asia disebut muson timur. 
4. Proses terbentuknya angin 
Udara akan memuai jika  terenapanas. Udara tersebut akan menjadi lebih ringan sehingga udara akan naik, jikalau hal ini terjadi, maka tekanan udara akan turun karena udara berkurang. Sedangkan udara yang dingin akan menyusut turun ke bawah karena menjadi lebih berat. Pada waktu udara tersebut dekat dengan tanah udara akan naik kembali begitu seterusnya.

Demikian informasi mengenai pengertian, jenis dan sifat-sifat angin. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment